THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

follower (teman setia membina Ilham)

Khamis, 2 Julai 2009

cegah A (H1N1)


2009 menjadi saksi apabila dunia sekali lagi digemparkan dengan wabak influenza, beberapa tahun yang lalu kecoh kita perkatakan mengenai bird flum namun pada tahun ini kita di risaukan dengan kes terbaru iaitu sejenis wabak dari populasi khinzir iaitu A(H1N1)- swine flu.

Apakah langkah-langkah pencegahan yang boleh kita lakukan?



JENEWA (Suara Karya): Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan pandemi flu H1N1 (flu babi). Ini merupakan pandemi flu pertama dalam waktu 41 tahun. Mau tak mau pandemi itu mengubah sebagian cara hidup sehari-hari.

WHO menganjurkan sejumlah cara mudah untuk mencegah penyebaran virus flu H1N1. Di antaranya, jangan berciuman, hindari jabatan tangan, tutupi mulut saat batuk atau bersin dan sering-seringlah mencuci tangan.

Menurut WHO, cara-cara itu merupakan langkah pencegahan biasa. "Anda tak perlu mengenakan masker wajah jika Anda tidak sakit," kata juru bicara WHO seperti dilansir kantor berita AFP , Jumat (12/6).

"Lakukan pencegahan normal yang biasa Anda lakukan untuk flu musiman atau flu biasa," imbuh juru bicara tersebut.

Dirjen WHO Margaret Chan bahkan mengimbau seluruh stafnya beserta staf PBB di Jenewa untuk menghindari ciuman, pelukan, juga jabatan tangan. Tujuannya, untuk mengurangi risiko penularan flu H1N1.

"Tapi itu tidak berlaku untuk pertemuan para diplomat," kata juru bicara PBB di Jenewa.

"Jangan batuk di depan wajah orang. Tutupi mulut Anda dengan memakai tisu atau lengan baju Anda," tutur Pjs Wakil Dirjen PBB Keiji Fukuda.

Sering-sering mencuci tangan dengan sabun juga bisa mencegah penularan. Juga disarankan untuk tidak menyentuh mulut dengan tangan kita. (AFP/Adi)

p/s: " Duhai sahabat, bersamalah kita menjaga kesihatan, ayuh amalkan cara hidup yang sihat agar kita terus di beri nikmat sihat itu agar terus sujud kepada-Nya "


0 comments:

Catat Ulasan